Apa itu Andragogi ?
Istilah andragogi seringkali dijumpai dalam proses
pembelajaran orang dewasa (adult learning), baik dalam proses
pendidikan nonformal (Pendidikan Luar Sekolah) maupun dalam proses
pembelajaran pendidikan formal. Pada pendidikan nonformal teori dan
prinsip andragogi digunakan sebagai landasan proses pembelajaran pada
berbagai satuan, bentuk dan tingkatan (level) penyelenggaraan pendidikan
nonformal. Pada pendidikan formal andragogi seringkali digunakan pada
proses pembelajaran pada tingkat atau level pendidikan menengah
atas.Namun demikian dalam menerapkan konsep, prinsip andragogi pada
proses pembelajaran sebenarnya tidak secara mutlak harus berdasar pada
bentuk, satuan tingkat atau level pendidikan, akan tetapi yang paling
utama adalah berdasar pada kesiapan peserta didik untuk belajar.
Dugan (1995) mendefinisikan andragogi lebih pada asal katanya, andragogi berasal dari Bahasa Yunani. Andra berarti manusia dewasa, bukan anak-anak, menurut istilah, andragogi berarti ilmu yang mempelajari bagaimana orang tua belajar. Definisi tersebut sejalan dengan apa yang diartikan Sudjana (2004), disebutkan bahwa, andragogi berasal dari bahasa yunani "andra dan agogos". Andra berarti orang dewasa dan agogos berarti memimpin atau membimbing, sehingga andragogi dapat diartikan ilmu tentang cara membimbing orang dewasa dalam proses belajar . Andragogi juga sering diartikan sebagai seni dan ilmu yang membantu orang dewasa untuk belajar (the art and science of helping adult learn). Definisi tersebut sejalan dengan pemikiran Knowles dalam Srinivasan (1977) menyatakan bahwa: andragogi as the art and science to helping adult a learner.
Pada konsep lain andragogi seringkali didefinisikan sebagai pendidikan orang dewasa atau belajar orang dewasa. Definisi pendidikan orang dewasa merujuk pada kondisi peserta didik orang dewasa baik dilihat dari dimensi fisik (biologis), hukum, sosial, dan psikologis. Istilah dewasa didasarkan atas kelengkapan kondisi fisik juga usia, dan kejiwaan, disamping itu pula orang dewasa dapat berperan sesuai dengan tuntutan tugas dan status yang dimiliknya.
Dugan (1995) mendefinisikan andragogi lebih pada asal katanya, andragogi berasal dari Bahasa Yunani. Andra berarti manusia dewasa, bukan anak-anak, menurut istilah, andragogi berarti ilmu yang mempelajari bagaimana orang tua belajar. Definisi tersebut sejalan dengan apa yang diartikan Sudjana (2004), disebutkan bahwa, andragogi berasal dari bahasa yunani "andra dan agogos". Andra berarti orang dewasa dan agogos berarti memimpin atau membimbing, sehingga andragogi dapat diartikan ilmu tentang cara membimbing orang dewasa dalam proses belajar . Andragogi juga sering diartikan sebagai seni dan ilmu yang membantu orang dewasa untuk belajar (the art and science of helping adult learn). Definisi tersebut sejalan dengan pemikiran Knowles dalam Srinivasan (1977) menyatakan bahwa: andragogi as the art and science to helping adult a learner.
Pada konsep lain andragogi seringkali didefinisikan sebagai pendidikan orang dewasa atau belajar orang dewasa. Definisi pendidikan orang dewasa merujuk pada kondisi peserta didik orang dewasa baik dilihat dari dimensi fisik (biologis), hukum, sosial, dan psikologis. Istilah dewasa didasarkan atas kelengkapan kondisi fisik juga usia, dan kejiwaan, disamping itu pula orang dewasa dapat berperan sesuai dengan tuntutan tugas dan status yang dimiliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar