Rabu, 06 Juni 2012

Hasil dan Testimoni Tugas Survey Online

Survey Online


Hasil dan Kesimpulan Survey

Pada perkuliahan kelas Psikologi Pendidikan tanggal 26 Mei 2012, dosen pengampu memeberikan kami  tugas membuat survey online yang berkaitan dengan apa yang kami pelajari dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan. Topik yang saya pilih untuk survey sederhana ini adalah " Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini ", dimana dalam survey ini terdapat 50 orang partisipan sebagai responden, yaitu mahasiswa fakultas Psikologi USU angkatan 2011 yang bersedia mengisi kuisioner yang telah dipersiapkan. Adapun survey tersebut terdiri dari 8 pertanyaan dengan 2 pilihan yaitu "benar" atau "salah". Survey ini saya lakukan dalam jangka waktu satu minggu.

Berikut adalah hasil yang saya peroleh dari survey tersebut :

1. Bermain sambil belajar adalah metode pembelajaran yang terbaik dalam Pendidikan Anak Usia Dini
True : 44 (88.00%)
False : 6 (12.00%)
2. Usia dini merupakan periode emas perkembangan kapasitas kemampuan intelektual anak sehingga sangat tepat jika pendidikan diberikan
pada usia ini
True : 44 (88.00%)
False : 6 (12.00%)
3. Anak pada usia dini tidak perlu mendapatkan pendidikan karena usia tersebut merupakan masa anak untuk bermain bukan belajar
True : 17 (34.00%)
False : 33 (66.00%)
4. Pendidikan budi pekerti dan pelatihan keterampilan/kecakapan sosial merupakan aspek pembelajaran yang sangat penting dalam Pendidikan Anak Usia Dini
True : 48 (96.00%)
False : 2 (4.00%)
5. Penguasaan akan ilmu pengetahuan sedini mungkin merupakan tujuan utama dari Pendidikan Anak Usia Dini
True : 24 (48.00%)
False : 26 (52.00%)
6. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan upaya yang bertujuan untuk membantu anak dalam mencari, menggali, dan menemukan potensi dirinya
True : 45 (90.00%)
False : 5 (10.00%)
7. Pendidikan Anak Usia Dini harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia dini
True : 50 (100.00%)
False : 0 (0.00%)
8. Pendidikan Anak Usia Dini menghambat tumbuhkembang anak karena anak hanya akan merasa stres dan tertekan bila harus menjalani pendidikan pada usia dini
True : 13 (26.00%)
False : 37 (74.00%)

Berdasarkan hasil tersebut saya berhasil menyimpulkan beberapa hal terkait dengan hakikat Pendidikan Anak Usia Dini sebenarnya :
1. Bermain sambil belajar merupakan metode pembelajaran yang terbaik dalam Pendidikan Anak Usia Dini karena pada usia tersebut (kurang lebih antar usia 3-6 tahun) merupakan masa anak untuk bermain sehingga jika belajar dengan cara bermain anak akan merasa lebih "enjoy" dalam belajar.
2. Pendidikan Anak Usia Dini sangat tepat diberikan karena usia ini merupakan "Periode Emas" perkembangan kapasitas intelektual anak sehingga anak dapat dengan mudah belajar mengenai hal-hal baru pada usia ini.
3.   Pendidikan Anak Usia Dini yang diberikan harus disesuaikan dengan tahap perkembangan yang dialami oleh AnakUsia Dini.
4. Tujuan utama pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini bukanlah penguasaan sedini mungkin akan ilmu pengetahuan, tetapi pendidikan yang diberikan ini bertujuan untuk membantu  anak dalam mencari, menggali, dan mengembangkan potensi diri yang dimilikinya, serta menanamkan "Sistem Among ( Moral dan Budi Pekerti ) pada diri anak.

Testimoni 

Awalnya saya merasa bingung dan kesulitan ketika mendapatkan tugas membuat survey online ini karena memang cukup rumit. Tetapi akhirnya saya berhasil juga membuatnya setelah bertanya kesana kemari. Malah sekarang saya sangat menyukai metode survey online seperti ini karena sangat menarik dan ternyata mudah serta hemat biaya ( haha :D). Saya juga berterimakasih kepada semua pihak ( terutama  kepada dosen pengampu dan teman-teman angkatan 2011 yang bersedia menjadi responden ) yang telah membantu saya dalam pembuatan tugas ini sehingga bisa selesai dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar